Indonesia Statistics

Indonesia
75,699
Confirmed
Updated on 12/07/2020 9:59 pm
Indonesia
35,638
Recovered
Updated on 12/07/2020 9:59 pm
Indonesia
3,606
Deaths
Updated on 12/07/2020 9:59 pm

Indonesia Statistics

Indonesia
75,699
Confirmed
Updated on 12/07/2020 9:59 pm
Indonesia
35,638
Recovered
Updated on 12/07/2020 9:59 pm
Indonesia
3,606
Deaths
Updated on 12/07/2020 9:59 pm

5 Tanda Mengerikan Sebelum Kiamat Terjadi

Dr. Zakir Naik Jelaskan Mengapa Daging Babi Haram Pada Dokter Jepang

Seorang gadis asal Jepang bernama Mamoko Suzuki yang berprofesi sebagai dokter bertanya kepada Dr. Zakir Naik mengenai alasan dibalik pengharaman daging babi dan meminta...

Apakah Kisah Isra’ Mi’raj Hanya Dongeng Belaka? Dr. Zakir Naik Menjawab

Pada ceramah Dr. Zakir Naik di Tokyo pada bulan Oktober 2015, seorang wanita Jepang ateis bernama Yoko dengan berani mengatakan bahwa Nabi Muhammad shalallahu...

Dr. Zakir Naik Mendapat 2 Pertanyaan dari Pria Mualaf

Seorang pria muallaf yang baru saja masuk Islam bertanya kepada Dr. Zakir Naik ketika beliau berceramah di Tokyo pada tanggal 7 Oktober 2015. Pria...

Pandangan Dr. Zakir Naik Tentang Konfusianisme

Seorang pemuda Korea yang bekerja pada biro perjalanan bertanya kepada Dr. Zakir Naik. Nama pemuda Korea itu adalah Kim. Sebagai seorang penganut Konfusianisme, dia...

Kenapa Allah Tidak Membuat Semua Manusia Menjadi Muslim? Dr. Zakir Naik Menjawab

Melanjutkan pertanyaan Yoko kepada Dr. Zakir Naik yang telah ditulis pada artikel sebelumnya (baca: Apakah Perjalanan Isra' Mi'raj Adalah Kisah Bohong?), wanita Jepang ateis...

Diterjemahkan dari artikel pada situs: islamreligion.com

1. Tiga Tanah Longsor

Di antara tanda-tanda besar hari kiamat adalah tiga tanah longsor yang akan terjadi. Satu akan terjadi di Timur, satu di Barat, dan satu di Jazirah Arab. Tidak banyak informasi tentang peristiwa ini, dan karena itu tidak banyak yang bisa dijelaskan lebih lanjut. Namun, penafsir hadits terkenal ibn Hajar mengatakan bahwa tanah longsor adalah kejadian yang sudah lumrah terjadi. Oleh karena itu, menurut pendapat beliau, ada kemungkinan bahwa ketiga tanah longsor yang akan terjadi sesaat sebelum hari kiamat berkekuatan sangat besar dengan tingkat kerusakan yang luar biasa, hal itulah yang membedakan tanah longsor ini dengan tanah longsor yang sudah sering terjadi. [1] Wallahu’alam.

2. Kabut Asap

Di antara tanda-tanda besar yang disebutkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, adalah adanya asap. Allah berfirman tentang kejadian ini dalam Quran:

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” (Quran 44: 10-11)

Sekali lagi, selain apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah, sangat sedikit hal yang dapat dijelaskan mengenai tanda ini. Namun, ada hadits dimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Sesungguhnya, Tuhan kalian telah memperingatkan tentang tiga [hal]: Kabut yang meliputi orang beriman seperti penyakit pilek dan meliputi orang kafir dimana kabut itu mengepul sampai-sampai keluar dari telinganya.”

3. Terbitnya Matahari dari Barat

Menurut sejumlah besar ahli tafsir Quran, berdasarkan hadits-hadits Rasulullah, huruf yang dicetak tebal dari ayat berikut ini mengacu pada fenomena terbitnya matahari dari Barat sebelum terjadinya hari kiamat:

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa tanda dari Tuhanmu. Pada hari datangnya tanda dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula).” (Quran 6: 158)

Dalam sebuah hadits sahih, Rasulullah membacakan ayat ini setelah menjelaskan bahwa manusia akan melihat terbitnya matahari dari Barat. Sahih Bukhari meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Kiamat tidak akan datang sampai matahari terbit dari Barat; dan ketika matahari terbit (dari Barat) dan orang-orang melihatnya, mereka semua akan beriman. Dan itu adalah (waktu) ketika tidak ada gunanya apabila seseorang baru beriman pada waktu itu. Kemudian beliau membacakan ayat lengkap (6: 158).”

Tanda ini begitu jelas sehingga tidak ada lagi orang-orang yang akan meragukan atau menolak untuk beriman setelah melihatnya. Ketika seseorang melihat tanda alam ini, kenyataan akan membuatnya tersadar, oleh karena itu, tidak ada lagi ujian atau tes. Bahkan, pada saat itu, ujiannya telah berakhir dan umat manusia sudah melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa kehidupan dunia adalah ujian. Itulah sebabnya orang yang baru beriman tidak akan ada artinya pada waktu itu dan keimanannya tidak akan diterima oleh Allah. [2]

Namun, sebelum tanda ini terjadi, pintu untuk bertobat kepada Allah masih terbuka lebar, betapa besar kasih sayang Allah dan juga Dia Maha Adil dan Bijaksana. Dalam Sahih Muslim, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang mencari ampunan (dari Allah) sebelum terbitnya matahari dari barat (sebelum hari kiamat), Allah akan menyambutnya dengan ampunan.”

Terbitnya matahari dari Barat adalah salah satu dari tiga tanda yang sangat jelas tentang hari kiamat. Rasulullah bersabda:

“Ketika tiga tanda muncul keimanan tidak akan ada artinya bagi orang-orang yang sebelumnya tidak beriman: Terbitnya matahari di tempatnya terbenam, Dajjal, dan binatang melata di bumi.” [3]

Sahih Muslim juga meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Tanda pertama [4] adalah terbitnya matahari dari barat, munculnya binatang di hadapan manusia di pagi hari, dan setelah terjadinya tanda yang pertama, tanda kedua tidak lama akan mengikutinya.”

Selanjutnya kita akan membahas tanda berikutnya yaitu munculnya binatang melata di bumi.

4. Binatang Melata di Bumi

Allah berfirman dalam Al-Quran,

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (an-Naml 27:82).
Ayat ini menjelaskan tentang binatang melata yang akan muncul dari bumi sebelum hari kiamat.

Ketika binatang itu datang, ia akan memberitahukan kepada manusia tentang siapa saja yang beriman dan yang kafir. Ahmad meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Binatang itu akan muncul dan dia akan menandai manusia di hidungnya. Orang-orang kemudian akan menjalani hidup dengan tanda ini sampai-sampai ketika seseorang akan membeli seekor unta dan ketika dia ditanya, ‘Dari siapa kau membelinya?’ Ia akan menjawab, ‘Dari dia yang menandai orang-orang.'” (Al- Albani)

5. Api yang Akan Mengumpulkan Manusia
Ini adalah yang tanda besar terakhir dari hari kiamat. Setelah ini terjadi, kiamat sudah sangat dekat. Sahih Muslim meriwayatkan hadits dimana Rasulullah menjelaskan sepuluh tanda-tanda besar yang berakhir dengan, “pada akhirnya api yang membakar akan muncul dari Yaman, dan akan mengumpulkan manusia ke tempat mereka berkumpul.” Kita tidak bisa membayangkan betapa besarnya kobaran api ini dan horor (rasa takut yang teramat sangat) yang hinggap pada hati setiap manusia yang menyaksikan api ini. Setelah ini, yang akan terjadi adalah kiamat dan dibangkitkannya umat manusia untuk diadili Tuhan mereka.

Kata-kata akhir

Tentu saja tidak ada yang tahu kenapa Allah subhanahu wa ta’ala memilih untuk mengakhiri penciptaan ini dengan cara yang luar biasa dan menakjubkan seperti ini. Penciptaan ini benar-benar mengagumkan dan mungkin karena itulah penciptaan Allah juga diakhiri melalui peristiwa-peristiwa yang menakjubkan dan luar biasa. Dan seorang Muslim yakin sepenuhnya bahwa inilah yang akan terjadi, karena Quran dan Rasulullah telah menjelaskan peristiwa-peristiwa ini. Dengan kiamat semakin dekat, setiap manusia harus memikirkan dan mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya, apalagi apabila dia telah mengetahui peristiwa-peristiwa yang akan terjadi sebelum kedatangannya.

Catatan kaki:

[1] Ibnu Hajar, Fath al-Baari, vol. 13, hal. 84.

[2] Contoh tentang ini adalah kisah Fir’aun dalam Quran. Sesaat menjelang kematiannya, ia menyatakan bahwa dirinya beriman. Namun semuanya sudah terlambat, keimanannya ditolak oleh Allah s.w.t karena dia baru beriman pada detik-detik menjelang kematiannya.

[3] Diriwayatkan oleh Muslim.

[4] “Tanda pertama” di sini artinya adalah tanda pertama yang luar biasa, bukan dari tanda-tanda pada umumnya, karena jelas tanda ini akan terjadi setelah kedatangan Dajjal dan kembalinya Nabi Isa (Yesus).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pasukan Usamah

Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq Merealisasikan Rencana Pengiriman Misi Militer yang Dipimpin Oleh Usamah Negara Romawi adalah salah satu dari dua...

Abu Bakar Ash-Shiddiq di Tengah Masyarakat Madinah, Beberapa Sifat dan Keutamaannya

Kehidupan Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam masyarakat Madinah penuh dengan nilai-nilai yang bisa menjadi pelajaran, ibrah, dan keteladanan. Kehidupan Abu Bakar Ash-Shiddiq di...

Kehidupan Umar dan Masanya

Sesungguhnya pembicaraan tentang kehidupan Umar dan masanya lebih luas untuk dikaji dalam satu disertasi, terlebih dalam sub kajian dalam pasal pengantar seperti...

Artikel Terkait

Bekerja

Mulia dengan Bekerja Dalam sebuah Hadist, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Sebaik-baik manusia di antaramu adalah...

Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf

Pentingnya Sinergi Bank Syariah, Zakat, dan Wakaf Islam menjelaskan tentang instrumen-instrumen keuangan untuk mengatasi masalah-masalah sosial. Kemiskinan dan keterbelakangan...

Riba

Dosa yang Istimewa Dosa itu bernama riba. Mengenai haramnya riba ini, Allah SWT menyatakannya sendiri di dalam al-Qur’an surah al-Baqarah...